Ketua Peminatan : Dr. Ratno Adrianto, SKM, M.Kes
Staf Pengajar : Subirman, SKM., M.Kes        
  : Dewi Yuniar, SKM., M.Kes 

Profil Peminatan:

Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), FKM UNMUL bertanggung jawab menyampaikan ilmu administrasi dan kebijakan kesehatan yang menfokuskan kajian tentang organisasi kesehatan, manajemen bidang kesehatan, dan kebijakan kesehatan. Serta secara proaktif menyediakan wadah bagi peminatnya untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan mengenai administrasi dan kebijakan kesehatan secara terbuka dan demokratis serta antisipasif terhadap kebutuhan masyarakat.

Kompetensi Pendukung Lulusan Peminatan AKK :

  • Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program administrasi dan kebijakan kesehatan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaf berbasis data kesehatan dengan tujuan dapat membuat analis pemecahan masalah dengan metode problem solving cycle bagi masyarakat di wilayah hutan tropis lembab dan kawasan industri kesehatan dan non kesehatan.
  • Mampu melakukan analisa situasi masalah kesehatan berdasarkan konsep H.L. Blum.
  • Mampu melakukan analisis aspek manajerial dari system layanan kesehatan.
  • Mampu melakukan skala prioritas masalah kesehatan.
  • Mampu membuat rencana, mengorganisasi, monitoring dan evaluasi program kesehatan.
  • Mampu melakukan advokasi kebijakan kesehatan.
  • Mampu menerapkan metode pengambilan keputusan manajerial.
  • Mampu melakukan analisis kebutuhan kebijakan.
  • Mampu menerapkan langkah-langkah perumusan kebijakan dalam rangka pengendalian faktor risiko terhadap kesehatan.

Kurikulum Peminatan AKK :

Semester I       : Etika Hukum dan Kesehatan

Semester II     : Dasar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Ekonomi Kesehatan

Semester IV    : Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan, Kepemimpinan dan Berfikir Sistem, Pengangaran dan pembiayaan Kesehatan

Semester V     : Organisasi Manajeman, Manajeman Mutu, Manajeman Sumber Daya Manusia dan Produktivitas bidang Kesehatan, Politik Kes.

Semester VI    : Analisis Kebijakan Kesehatan, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi, Manajeman rumah sakit dan puskesmas, Manajeman Logistik Obat Alat dan Faskes, Sistem Pembiayaan dan asuransi kesehatan, Pemasaran Jasa Pelayanan Bidang Kesehatan

Semester VII  : Metodeologi Penelitian (Aplikasi ) minat AKK, Manajemen Strategik 

Peluang Kerja Lulusan :

Lapangan pekerjaan Lulusan FKM UNMUL Peminatan AKK sangat terbuka lebar. Sesuai dengan ilmu dan teori yang dimiliki lulusan FKM UNMUL Peminatan AKK  dapat bekerja sebagai pelaksana, pengelola, atau pengatur dalam administrasi/manajerial pelayanan dan program kesehatan, di institusi kesehatan, Rumah Sakit, Asuransi dan pembiayaan kesehatan, LSM dan lain-lain baik di sektor pemerintah maupun swasta. Dapat bekerja sebagai Manager RS, Manager Rekam Medik, Manager Pemasaran RS, Manager Asuransi Kesehatan, Bank Insurance and consultant financial (asuransi pada Bank), manager perusahaan farmasi., Pemasaran Laboratorium dan alat kesehatan, puskesmas, dinas kesehatan dll.       

peminatan