Universitas Mulawarman

Kegiatan

YUDISIUM JUNI 2015

May, 21 2015 10:43:26

YUDISIUM DESEMBER 2012

March, 15 2013 09:51:31

PIMNAS UNHAS-Makassar

March, 13 2013 12:54:06

KULIAH UMUM

March, 12 2013 18:45:11

YUDISIUM MARET 2013

February, 27 2013 12:44:46

KULIAH TAMU Perubahan Iklim dan Penyakit berbasis Lingkungan

December, 08 2012 15:27:00

Index »

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN POLIKLINIK PSIKIATRI

oleh Endah Dwi Cahyani | 2015-07-23 10:33:24

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Poliklinik Psikiatri Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2015
(Implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik)

The Related Factors To The Satisfaction Of User Clinic Psychiatric Services Mental Hospital of Atma Husada Mahakam in East Kalimantan 2015
(Implementation Regulation the Minister of Administrative and Bureaucratic Reform No. 16 on 2014 on Guidelines for the Implementation Satisfaction Survey Community Against Public Service)


Endah Dwi Cahyani1), Subirman and Ratno Adrianto
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung Unmul Telp. 0541 703134 – 7925387 Samarinda 75119
E- mail : d.c_en@yahoo.com.id


ABSTRAK

Kepuasan merupakan tujuan dari setiap penyelenggara pelayanan. Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah yang melakukan pelayanan kesehatan jiwa di Kalimantan Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan prosedur pelayanan, waktu pelayanan, dan perilaku pelaksana pelayanan dengan dengan kepuasan pengguna jasa layanan psikiatri RSJD Atma Husada Mahakam Provinsi Kalimantan Timur tahun 2015. Desain penelitian deskriptif analitik pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah pasien rawat jalan poliklinik psikiatri dengan metode random sampling berjumlah 109 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis menggunakan uji univariat dan bivariat dengan uji Chi Square taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil analisis Chi Square menunjukkan ada hubungan prosedur pelayanan (ρ value=0,019), waktu pelayanan (ρ value =0,000), dan perilaku petugas pelayanan (ρ value =0,000) dengan kepuasan pengguna jasa layanan psikiatri RSJD Atma Husada Mahakam Provinsi Kalimantan Timur tahun 2015. Saran dari penelitian ini sebaiknya pihak Sebaiknya perlu menyediakan kotak saran yang diletakkan di ruang tunggu poliklinik atau ruang tunggu apotik, sebaiknya diterapkan SOP (Standar Operasinal Prosedur) waktu pelayanan, jika petugas melanggar bisa diberlakukan sangsi dan jika petugas tertib bisa diberikan reward/penghargaan dan sebaiknya perlu diberikan pelatihan Terapeutik dan Excellent Service kepada seluruh petugas secara berkala dan berkelanjutan.

Kata kunci : Kepuasan, Prosedur, Waktu, Perilaku, Poliklinik Psikiatri

 

 

 

ABSTRACT

Satisfaction is the goal of any service providers. Mental Hospital of Atma Husada Mahakam is a local government-owned hospital that carry out mental health services in East Kalimantan. The researcher objective was to determine the relationship of service procedures, service time, and the behavior of the services of user satisfaction with the psychiatric services in RSJD Atma Husada Mahakam East Kalimantan 2015. The researcher used cross sectional research design. Subjects were outpatient clinic of psychiatry with random sampling method amount of 109 respondents in accordance with the inclusion criteria. Data were analyzed by using univariate and bivariate with Chi Square test significance level of 0.05 (5%). Chi square analyze showed there was correlation between service procedure (ρ value = 0.019), service time (ρ value = 0.000), and behavioral care workers (ρ value = 0.000) to the satisfaction of psychiatric service users RSJD Atma Husada Mahakam East Kalimantan 2015. Suggestions in this research is hospital should provide a suggestion box placed in the waiting room or waiting room clinic pharmacies, SOP (Standard the Operations Procedure) time service should be applied, if the clerk contravene hospital obligation they should be given sanction, and if they obey the rules hospital may give them rewards/ awards, as well as the necessary training Therapauitc and excellent service to all service personnel regularly and continuously.

Keywords : Satisfaction, Procedures, Time, Behavior, Psychiatry Clinic

Download File
Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics