Universitas Mulawarman

Kegiatan

YUDISIUM JUNI 2015

May, 21 2015 10:43:26

YUDISIUM DESEMBER 2012

March, 15 2013 09:51:31

PIMNAS UNHAS-Makassar

March, 13 2013 12:54:06

KULIAH UMUM

March, 12 2013 18:45:11

YUDISIUM MARET 2013

February, 27 2013 12:44:46

KULIAH TAMU Perubahan Iklim dan Penyakit berbasis Lingkungan

December, 08 2012 15:27:00

Index »

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional Pada PBI Di Wilayah Ker

oleh Ulfah Saidah | 2015-05-27 11:22:07

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PADA PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEMPAJA KOTA SAMARINDA

THE RELATED FACTORS TO THE UTILIZATION OF JAMINAN KESEHATAN NASIONAL FPR PBI IN SEMPAJA PUBLIC HEALTH CENTER SAMARINDA


Ulfah Saidah1), Subirman and Ratno Adrianto
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung Unmul Telp. 0541 703134 – 7925387 Samarinda 75119
E- mail : Ulfah_Saidah@yahoo.com


ABSTRAK

Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayar oleh Pemerintah. Jumlah peserta PBI di Kota Samarinda terbanyak dengan jumlah 374.350 jiwa. Puskesmas Sempaja adalah Puskesmas dengan jumlah peserta PBI terbanyak yaitu 10.208 orang. Adapun rata-rata data kunjungan peserta PBI dari bulan Januari−Juni tahun 2014 hanya 299 dengan presentase 3% dari total peserta PBI di wilayah Puskesmas Sempaja. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan persepsi kebutuhan yang dirasakan individu terhadap pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan JKN pada PBI di wilayah kerja Puskesmas Sempaja kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 3.608 orang dan sampel 361 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan Random Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan pengetahuan ρ value = 0,000, sikap ρ value = 0,004 dan persepsi kebutuhan yang dirasakan individu terhadap pelayanan kesehatan ρ value = 0,000 dengan pemanfaatan JKN pada PBI. Saran dalam penelitian ini yaitu sebaiknya pihak Puskesmas Sempaja lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak BPJS dalam mensosialisasikan program JKN tentang perubahan nama Jamkesmas menjadi PBI, jenis pelayanan dan lainnya melalui penyuluhan pada setiap Kelurahan dan media promosi kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan petugas kesehatan dengan mengikuti pelatihan tentang cara melayani pasien dengan baik dan prima.


Kata Kunci : Pemanfaatan, Pengetahuan, Sikap, Kebutuhan

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Penerima Bantuan Iuran (PBI) is a health care program participants for the poor people that the fee was paid by the Goverment. The number of PBI in Samarinda are 374.350 people. Sempaja Public Health Centre is the highest number of PBI’s participants as many as 10.208 people. The average data of PBI’s participants from January until June in 2014 is only 299 with 3% percentage from the total participants in Sempaja Public Health Centre. The purpose of this research is knowing the correlation between knowledge, attitudes and perceptions of the perceived needs of individual health care to the utilization JKN for PBI in Sempaja Public Health care Samarinda. The research used a cross-sectional research design. The research population are 3.608 people and the sample are 361 respondents. The sampling method use purposive random sampling. Data were analyzed by using chi square test. Bivariate analyze showed there was correlation between knowledge ρ value = 0,000, attitudes ρ value = 0,004 and perceptions of the perceived need of individual health care ρ value = 0,000 to the utilization of JKN for PBI. Suggestions in this research are part of Sempaja Public Health Centre should be improve the coorperation with BPJS in socialitization JKN program about namely changing from Jamkesmas to PBI. Another service are from media outreach and health promotion in each district, and alsi improving health care quality of health officer with attending
how to serve the patients well and correctly training.


Keywords : Utilization, Knowledge, Attitudes, Needs

Download File
Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics