Universitas Mulawarman

Kegiatan

YUDISIUM JUNI 2015

May, 21 2015 10:43:26

YUDISIUM DESEMBER 2012

March, 15 2013 09:51:31

PIMNAS UNHAS-Makassar

March, 13 2013 12:54:06

KULIAH UMUM

March, 12 2013 18:45:11

YUDISIUM MARET 2013

February, 27 2013 12:44:46

KULIAH TAMU Perubahan Iklim dan Penyakit berbasis Lingkungan

December, 08 2012 15:27:00

Index »

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KALENDER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERSEPSI IBU BALIT

oleh Rahmah Fitri Rahayu | 2015-04-20 12:19:05

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KALENDER TERHADAP
PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERSEPSI IBU
BALITA DALAM PARTISIPASI KUNJUNGAN POSYANDU
DELIMA, KELURAHAN SEMPAJA SELATAN

EFFECTIVENESS OF USING CALENDAR TO IMPROVE KNOWLEDGE,
ATTITUDES AND MOTHER PERCEPTION ABOUT GROWTH
MONITORING PARTICIPATION AT POSYANDU DELIMA,
DISTRICT SEMPAJA


Rahmah Fitri Rahayu1), Ratih Wirapuspita dan Iriyani K
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman
Jalan Sambaliung, Telp (0541) 7031343 Samarinda Kalimantan Timur
Email : rahmahfitri_rfr@yahoo.co.id


ABSTRAK

Posyandu merupakan suatu UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat) yang bertujuan mewujudkan masyarakat mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan, memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan dasar dan berkontribusi dalam meningkatkan status kesehatan balita, tetapi saat ini partisipasi ibu yang membawa anaknya ke posyandu masih rendah. Oleh karena itu, perlu suatu media untuk mengingatkan dan mempromosikan posyandu untuk dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan persepsi ibu terhadap kunjungan posyandu. Desain penelitian yang digunakan pra eksperiment one group pretest-posttest. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 36 orang. Analisis menggunakan wilcoxon test dengan taraf signifikansi ô€€ < 0,05. Hasil uji statistik sebelum dan sesudah pemberian media kalender terhadap pengetahuan (ô€€ = 0.000), sikap (ô€€ = 0.000) dan persepsi (ô€€ = 0.000) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan pengetahuan, sikap
dan persepsi ibu balita sebelum dan sesudah pemberian media kalender dengan peningkatan nilai pengetahuan sebesar 60%, sikap sebesar 19% dan persepsi sebesar 45% dalam partisipasi kunjungan ke posyandu Delima, Kelurahan Sempaja Selatan, Samarinda yang menunjukkan efektifitas kalender sebagai media promosi. Saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya dapat merancang media kalender yang disesuaikan dengan sosial budaya kelompok sasaran agar kalender dapat lebih diminati serta perlu adanya penelitian lanjutan dengan menggunakan metode quasi ekperiment atau true eksperiment. Selain itu, perlu adanya promosi mengenai pelayanan posyandu dan jadwal kunjungan posyandu kepada kelompok sasaran.


Kata Kunci : Kalender, Media, Posyandu, Promosi

 

ABSTRACT

Posyandu is health efforts sourced by public which to realized the independent community in overcome their health problems, allows people to obtain basic health services and contribute to improving the health status of toddlers, but this time the participation of mothers who bring their children to come to the posyandu is still low. Therefore, it is necessary to remind the media and promote of posyandu. The study design used pra eksperiment one group pretest-posttest. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 36 people. Analysis used the Wilcoxon test with a significance level of p <0.05. Statistical test results before and after giving of the calendar for knowledge (ρ = 0.000), attitude (ρ = 0.000) and perception (ρ = 0.000) so it can be concluded that there were differences in knowledge, attitudes and perceptions of mothers before and after giving the media calendar to increased
the value of knowledge up to 60 %, attitude up to 19 % and perception up to 45% in growth monitoring participation, District Sempaja, Samarinda which shows the effectiveness of the calendar as promotion media. The recommendation from this research that should be able to design calender with culturally appropriate for population their serve to make it be interest and in next research can use quasy experiment or true experiment as a method. Besides that need for promotion for posyandu services and schedule for target group.


Key Word : Calendar, Media, Posyandu, Promotion

 

Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics