Universitas Mulawarman

Kegiatan

YUDISIUM JUNI 2015

May, 21 2015 10:43:26

YUDISIUM DESEMBER 2012

March, 15 2013 09:51:31

PIMNAS UNHAS-Makassar

March, 13 2013 12:54:06

KULIAH UMUM

March, 12 2013 18:45:11

YUDISIUM MARET 2013

February, 27 2013 12:44:46

KULIAH TAMU Perubahan Iklim dan Penyakit berbasis Lingkungan

December, 08 2012 15:27:00

Index »

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN RAWAT JALAN DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN

oleh Nisa Novita Sari | 2014-07-01 10:52:02

Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Rawat Jalan Dalam Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Samarinda Tahun 2013

Relationships With Marketing Mix Decision In Choosing Outpatient Health Services Samarinda Islamic Hospital In 2013


Nisa Novita Sari 1), Ismail Andi Baso, and Subirman
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman
Jl. Sambaliung FKM Unmul Telp. 0541 703134 Samarinda 75119
E-mail : Sii_Icha91@yahoo.com


ABSTRAK


Terbukanya pasar bebas meningkatkan kuantitas rumah sakit di Indonesia, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta sehingga meningkatkan persaingan. Rumah Sakit Islam merupakan rumah sakit swasta yang menjadi alternatif bagi pasien dalam pemenuhan kebutuhan kesehatannya. Data rawat jalan Rumah Sakit Islam terlihat berfluktuasi tiap tiga bulannya Pada bulan Januari hingga Maret sebesar 26,3% pasien, pada bulan April hingga Juni mengalami penurunan menjadi 24,3%, pada bulan Juli hingga Oktober mengalami penurunan sebesar 24,2%, pada bulan Oktober hingga Desember mengalami peningkatan menjadi 25,1% pasien yang menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan keputusan pasien rawat jalan memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Islam Samarinda. Jenis penelitian adalah Cross Sectional dan sampel pada penelitian ini 100 pasien yang berobat di Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Samarinda. Hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan produk dengan keputusan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam (P-value = 0,003), dan ada hubungan harga dengan keputusan pasien (P-value = 0,001), promosi dengan keputusan pasien (P-value = 0,031), tempat dengan keputusan pasien (P-value = 0,002), orang dengan keputusan pasien (P-value = 0,001), proses dengan keputusan pasien (P-value = 0,001), namun pada bukti fisik menunjukkan tidak ada hubungan dengan keputusan pasien rawat jalan Rumah Sakit Islam Samarinda (P-value = 0,318). Berdasarkan hasil penelitian pihak rumah sakit perlu mengetahui karakteristik responden dari para pengguna jasa pelayanan kesehatan dan memproaktifkan lagi dalam mempromosikan jasa pelayanan kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit Islam Samarinda.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pasien, Layanan, Rumah Sakit

Download File
Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics