Universitas Mulawarman

Kegiatan

YUDISIUM JUNI 2015

May, 21 2015 10:43:26

YUDISIUM DESEMBER 2012

March, 15 2013 09:51:31

PIMNAS UNHAS-Makassar

March, 13 2013 12:54:06

KULIAH UMUM

March, 12 2013 18:45:11

YUDISIUM MARET 2013

February, 27 2013 12:44:46

KULIAH TAMU Perubahan Iklim dan Penyakit berbasis Lingkungan

December, 08 2012 15:27:00

Index »

HUB. PENGETAHUAN, SARANA, KESEMPATAN PASIEN, & SIKAP PETUGAS DENGAN PENGGUNAAN HAK INFORMASI PASIEN

oleh Nicken Fristantia Putri | 2013-09-30 10:41:39

Hubungan Pengetahuan, Sarana, Kesempatan Pasien, Dan Sikap
Petugas Dengan Penggunaan Hak Informasi Pasien Di Ruang
Kebidanan RSUD A.W. Sjahranie Tahun 2012


The Correlation between the Knowledge, Facility, Opportunity of
Patients and the Officers’ Attitude towards the Patients’ Right
to Information in the Obstetrics Wards of
A.W.Sjahranie Public Hospital in 2012


Nicken Fristantia Putri 1), Sitti Badrah and Ridwan
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman
Jl. Kuaro Lt. 3 Perpustakaan Unmul Telp. 0541-703134 Samarinda 75119
e-mail : nickenfristantia@yahoo.com

 

ABSTRAK
Hak informasi pasien adalah kewenangan seorang pasien untuk menerima informasi dari dokter berupa penjelasan mengenai prosedur yang akan dilakukan, risiko tindakan, alternatif tindakan yang dapat dilakukan, kemungkinan yang dapat terjadi, dan informasi tentang biaya yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sarana, kesempatan pasien, dan sikap petugas terhadap penggunaan hak informasi pasien di ruang kebidanan RSUD A.W. Sjahranie tahun 2012. Peneliti menggunakan metode survey dengan pendekatan silang (cross sectional). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling yang berjumlah sebanyak 93 sampel. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan = 0,005. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara
pengetahuan terhadap penggunaan hak informasi pasien (p = 0,029), ada hubungan antara sarana terhadap penggunaan hak informasi pasien (p = 0,040), ada hubungan antara kesempatan pasien terhadap penggunaan hak informasi pasien (p = 0,046), dan tidak ada hubungan antara sikap petugas terhadap penggunaan hak informasi pasien (p = 0,532). sebaiknya responden lebih proaktif dengan bertanya langsung kepada petugas kesehatan, sarana komunikasi pada saat berkonsultasi sebaiknya
lebih dimanfaatkan penggunaannya, dokter/ bidan mengadakan evaluasi dalam meningkatkan waktu untuk berkonsultasi dan tanggap terhadap keluhan pasien, serta mempertahankan sikap baik yang telah diberikan saat melakukan pemeriksaan terhadap pasien.

Kata Kunci : Pengetahuan, sarana, dan kesempatan pasien

Download File
Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics