Efektifitas Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap pada Ibu Hamil Dalam Upaya Pencegahan Anemi

Latar Belakang :

Anemia adalah kondisi dimana berkurangnya sel darah merah (eritrosit) dalam sirkulasi darah atau massa hemoglobin sehingga tidak mampu memenuhi fungsinya sebagai pembawa oksigen keseluruh jaringan.

Tujuan Penelitian :

Mengetahui Efektifitas Media Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Ibu Hamil Dalam Upaya Pencegahan Anemia di Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong.

Metode :

Desain penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental designs dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah study population. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan dan sikap tentang upaya pencegahan anemia pada ibu hamil.

Hasil Penelitian :

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai Probability value untuk pengetahuan adalah 0,035 dan untuk sikap adalah 0.000. Probability Value yang diperoleh lebih kecil dari tingkat kesalahan (? = 5%),sehingga diketahui terdapat efektifitas media leaflet terhadap pengetahuan dan sikap dalam upaya pencegahan anemia pada ibu hamil.

Kesimpulan :

Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan media Leaflet .


Link : Efektifitas Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap pada Ibu Hamil Dalam Upaya Pencegahan Anemi