Universitas Mulawarman

Informasi | Proses Penerimaan dan Pelepasan Mahasiswa

PROSES PENERIMAAN DAN PELEPASAN MAHASISWA

 

Kewenangan Dan Cara

  1. Penerimaan dan pelepasan mahasiswa adalah kewenangan Rektor Unmul.
  2. Penerimaan mahasiswa baru program Strata Satu Unmul dilaksanakan melalui 3 (tiga) sistem / jalur
    1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, jalur undangan dan jalur ujian tulis;
    2. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri; 
    3. Seleksi Program Kerjasama dan Program Khusus.
    4. Jalur Penyelesaian Sarjana.
  3. Seleksi calon mahasiswa program  pendidikan  vokasi, sarjana,  profesi  dan pascasarjana diproses oleh BAAK dan disahkan oleh Rektor.
  4. Seleksi calon mahasiswa program kerjasama dan program khusus dijaring oleh fakultas, diproses oleh BAAK, dan disahkan oleh Rektor.
  5. Pelepasan mahasiswa Unmul dilaksanakan melalui 4 (empat) sistem :
    1. Kelulusan;
    2. Kepindahan 
    3. Mengundurkan diri
    4. Diberhentikan.

 

 

PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

 

  1. Kewarganegaraan
  2. Warga Negara Indonesia;
  3. Warga Negara Asing yang telah mendapat izin/persetujuan dari Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
  4. Mendaftarkan diri dan melengkapi dokumen yang telah ditetapkan oleh Panitia Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau prosedur lain yang diatur menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Mengikuti saringan masuk calon mahasiswa melalui sistem yang telah ditetapkan.
  6. Penerimaan mahasiswa baru melalui program kerjasama dan program khusus diatur dalam peraturan universitas.
  7. Tidak pernah dikeluarkan (drop out) dari fakultas  di lingkungan Univertsitas Mulawarman.
  8. Calon Mahasiswa Penyelesaian Sarjana adalah lulusan  program pendidikan vokasi dari bidang ilmu yang relevan, atau Penyelesaian Sarjana lainnya dari bidang ilmu yang sama atau berbeda.

 

 

PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI DAN SARJANA 

 

  1.  Jumlah mahasiswa baru yang diterima disesuaikan dengan daya tampung program studi.
  2. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus proses penerimaan harus menempuh prosedur sebagai berikut:
    1. Membayar Uang Kuliah (UK) berdasarkan ketetapan Rektor Unmul;
    2. Mendaftar ulang pada tempat dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan;
    3. Mengisi formulir pendaftaran sebagai mahasiswa dan formulir untuk Sistem Informasi dan Manajemen;
    4. Menyerahkan semua dokumen yang dipersyaratkan pada saat mendaftar ulang.
    5. Menyerahkan  surat Pernyataan bermaterai tentang kesanggupan mematuhi aturan dan membayar uang kuliah yang telah ditetapkan.

 

 

KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA PINDAHAN DAN PENYELESAIAN SARJANA

 

  1. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa yang pindah dari Perguruan Tinggi Negeri lain ke Unmul atau dari PTS yang telah terakreditasi.
  2. Mahasiswa pindahan wajib mengajukan permohonan kepada Rektor Unmul dengan melampirkan dokumen berikut:
    1. Surat keterangan pindah dari Rektor Perguruan Tinggi Negeri asal.
    2. Fotokopi transkrip yang telah disahkan oleh Pembantu Dekan/Ketua Bidang Akademik perguruan tinggi asal.
    3. Surat keterangan kondite mahasiswa dan status kemahasiswaan dari Rektor Perguruan Tinggi asal atau pejabat berwenang yang ditunjuk.
  3. Permohonan pindah mahasiswa dapat dipertimbangkan apabila mahasiswa pindahan berasal dari program studi yang relevan dengan jenjang pendidikan yang sama, serta terakreditasi minimal sama dengan akreditasi program studi tujuan di Unmul.
  4. Perpindahan mahasiswa diizinkan bagi mahasiswa yang akan  menempuh semester III (telah  lulus ≥ 30 sks dengan IPK ≥ 2,00) dan semester V (telah lulus ≥ 60 sks dengan IPK ≥ 2,50).
  5. Masa  studi maksimum bagi mahasiswa pindahan dan penyelesaian  sarjana disesuaikan dengan masa studi maksimum di Unmul dengan memperhitungkan masa studi yang telah dijalani di perguruan tinggi asal.
  6. Mahasiswa pindahan yang diterima wajib mengikuti persyaratan kurikulum yang berlaku pada Program Studi di Unmul;
  7. Perpindahan mahasiswa dinyatakan sah apabila telah mendapatkan persetujuan Rektor Unmul secara tertulis setelah memperhatikan rekomendasi Dekan Fakultas.
  8. Perpindahan mahasiswa antar fakultas, jurusan dan program studi di lingkungan Unmul tidak diperkenankan.
  9. Mahasiswa Penyelesaian Sarjana dapat berasal dari program Diploma, Sarjana atau bagi mereka yang telah menempuh kuliah di PTN/PTS yang telah terakreditasi.

 

 

KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA ASING

 

  1. Mahasiswa asing adalah mahasiswa yang bukan Warga Negara Indonesia.
  2. Mahasiswa asing yang belajar di Unmul untuk  program  pendidikan  vokasi, sarjana, dan pascasarjana wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    1. Mendapat persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
    2. Menyertakan salinan ijazah/transkrip akademik yang telah disahkan oleh pejabat berwenang di Negara asal dan ijazah tersebut harus mendapat pengesahan setara dengan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, S1 dan S2 oleh Departemen Pendidikan Nasional RI.
    3. Mampu berbahasa Indonesia yang dibuktikan dengan Sertifikat Uji Kemampuan Bahasa Indonesia (UKBI).
    4. Mendapat persetujuan dan diterima oleh Rektor Unmul secara tertulis.

 

Copyright © 2012 fkm.unmul.ac.id | Supported by Mulawarman Informatics